Senin, 30 Mei 2011

on Leave a Comment

Tips Bermain Gitar Untuk Pemula


Bisa memainkan alat musik gitar tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya, meski pun tak sehebat Joe Satriani ataupun Steve Vai (mimpi kali). Kurang lebih satu bulan saya belajar gitar dan itu baru bisa genjreng lagunya peterpan bintang di surga (maklum saya ngefans dengan karya-karya peterpan) jadi saya pilih lagu kesukaan saya itu untuk pertama kalinya saya belajar gitar. Menurut saya untuk pertama kali belajar gitar itu enaknya langsung praktek genjreng lagu kesukaan kita (paling tidak hafal 3 atau 4 kunci gitar), kalau hanya terlalu banyak belajar hafalin kunci nanti malah males, mendingan langsung praktek nyanyiin lagu sambil genjrang genjreng. Karena belum tentu orang yang banyak hafal kunci gitar bisa langsung nyanyin lagu sambil mainin gitar (untuk pemula lho).
Setelah bisa nyanyiin satu lagu kemudian saya baru hafalin kunci-kunci gitar yang belum saya ketahui. Hal ini saya lakukan biar bisa nyanyiin lagu-lagu lain dengan kunci-kunci yang berbeda tentunya. Kurang lebih satu bulan saya ngafalin kunci gitar (lama juga ya). Selain kunci gitar saya juga ngafalin letak-letak nada di seluruh fret gitar (bener gak sih istilah yang saya pakai he) hal ini saya lakuin biar kelak saya jadi seorang melodis dan ternyata cukup bermanfaat juga. Setidaknya saya bisa mainin melodi dari nada rendah sampai nada tinggi.
Nah langsung saja, berikut ini tips belajar bermain gitar ala gue. diperhatikan lho!! jangan ngobrol sendiri (ngobrol kog sendiri):
1.       Niat dan yakinlah bahwa anda pasti bisa memainkan gitar
2.       Cari buku lagu yang ada kunci gitar beserta gambarnya (pilih buku yang ada lagu kesukaan anda)
3.       Pilih salah satu lagu yang paling anda sukai, kemudian hafalin kunci-kuncinya misalnya (EM C G BM) tentunya bukan sekedar hafalin tulisannya namun juga praktek memposisikan jari-jari anda hingga membentuk sebuah kunci nada
4.       Untuk pertama kali memang susah memposisikan jari-jari anda, hal ini perlu latihan berulang-ulang dan terus menerus (cukup hafalin kunci lagu yang anda sukai dulu)
5.       Jika sudah agak lancar mulailah menggenjreng gitar anda. perhatikan nada, kapan anda harus pindah antara kunci satu dengan yang lainnya
6.       Ulangilah sampai anda benar-benar lancar menyanyikan satu lagu, baru kemudian mencoba menyanyikan lagu-lagu lain. Terus berusaha dan yakinlah anda pasti bisa.
Saya cukupkan sampai di sini dulu. semoga sedikit pengalaman dari saya ini dapat membantu temen-temen semua.  

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.