Rabu, 11 Mei 2011

on Leave a Comment

Uji validitas dan reliabilitas dengan SPSS

Kebetulan saat ini saya sedang mengerjakan skripsi, yang analisis datanya menggunakan rumus-rumus statistik. karena memang penelitian saya merupakan penelitian kuantitatif jadi mau gak mau harus bergelut dengan angka-angka. Sebelum melangkah lebih jauh saya harus membuat instrumen /skala penelitian saya benar-benar valid dan reliabel terlebih dahulu. Nah berikut ini akan saya berikan langkah-langkah mudah dalam menguji validitas dan reliabilitas skala dengan menggunakan SPSS 17. 

A. Langkah-langkah uji validitas
Suatu skala pengukuran dikatakan valid apabila skala tersebut digunakan untuk mengukur apa yang seharusnya diukur. untuk menganalisis validitas skala dengan spss ikuti langkah-langkah berikut (maaf belum ada gambarnya):
 1. Buka program spss (di sini saya menggunakan spss 17). Masukkan data yang diperoleh dari skala.
 2. Setelah selesai input data, klik Analyze_pilih Scale_kemudian pilih Reliability Analysis.  
 3. Pindah semua butir pernyataan ke kolom items.
 4. Pada bagian model pilih Alpha
 5. klik statistics kemudian beri tanda centang pada item, scale, scale if item deleted.
 6. klik Continue_lalu klik OK.
Setelah itu akan muncul jendela output. untuk mengetahui validitas masing-masing item dapat dilihat pada bagian corrected item total correlation
*cara menyimpulkannya: tentukan dahulu df nya, rumusnya df=N-2. misalnya N= 40 brarti df nya 38. kemudian lihat berapa nilai r tabelnya untuk df=38. setelah itu angka-angka pada kolom corrected item total correlation dibandingkan dengan r tabel. jika angka tersebut lebih besar atau sama dengan r tabel maka item tersebut valid. namun jika ada angka min (-) atau lebih kecil dari r tabel, maka item tersebut tidak valid dan harus dikeluarkan. caranya yaitu ulangi lagi langkah di atas, pada langkah ketiga pindahkan item yang ingin dikeluarkan ke kotak sebelah kiri. ulangi langkah di atas sampai semua item dinyatakan valid.

B. Langkah-langkah uji reliabilitas
Untuk mengetahui reliabilitas skala dapat dilihat pada kolom cronbach's alpha if item deleted. kriteria menyebutkan jika nilai korelasi sama dengan atau lebih besar dari 0,8 maka butir-butir pernyataan/pertanyaan reliabel. ada juga pendapat yang menyatakan jika nilai alpha lebih besar dari nilai r tabel maka bisa dikatakan reliabel. untuk lebih jelasnya bisa dibaca buku-buku yang membahas tentang analisis data penelitian menggunakan spss.

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.