Sabtu, 20 April 2013

on Leave a Comment

Caraku Mengatasi Masalah Skripsi


Sebenarnya mengerjakan skripsi itu mudah, Asal ada kemauan dan tekad yang kuat, semua pasti akan bisa terselesaikan. Banyak sekali saya mendapati teman-teman saya, tetangga saya dan mungkin juga temen anda yang mengalami masalah dengan skripsi. Padahal untuk mengerjakan skripsi menurut saya tidak harus jadi orang pintar terlebih dahulu. Dan saya buktinya, saya yakin jika otak saya dibandingkan dengan otak kalian saya rasa saya jauh di bawah level kalian.

Namun begitu, saya tetap masih bisa menyelesaikan skripsi dengan tepat waktu. Ini menunjukkan bahwa untuk menyelesaikan skripsi itu tidak harus jadi orang pintar dulu. Beberapa diantara teman saya yang menyelesaikan skripsinya di awal adalah mereka yang biasa-biasa saja. Tidak mencolok ketika perkuliahan berlangsung. 

Untuk mengatasi sebuah masalah tentunya harus diidentifikasi dahulu permasalahannya, baru kemudian kita bisa menyelesaikannya ataupun mengatasinya. Barangkali berikut ini adalah masalah-masalah yang saya dapati ketika saya masih seorang mahasiswa dalam menghadapi skripsi:
  1. Berhenti mengerjakan skripsi di tengah jalan
  2. Bingung ingin memulai dari mana
  3. Pusing memikirkan judul skripsi
  4. Tidak tahu langkah-langkah dalam menyusun skripsi
  5. Takut menghadapi ujian pendadaran skripsi
  6. Kurang bersahabat dengan dosen
  7. Tidak mengetahui metode analisis data
  8. Sering gagal mengajukan judul skripsi
  9. Proposal penuh dengan coretan dosen
  10. Tidak tahu cara menulis skripsi dengan benar
  11. Susahnya mencari buku referensi
  12. Latar belakang masalah yang tidak jelas
  13. Sulit bertemu dengan dosen pembimbing skripsi
  14. Masalah yang ingin diteliti sudah diteliti orang lain
  15. Biaya yang tidak murah
  16. Perijinan untuk melakukan penelitian yang rumit
  17. Tidak tahu alur perijinan yang benar
  18. Ada juga yang tidak tahu apa itu skripsi
  19. dan masih banyak lagi.
Adapun caraku mengatasinya adalah sangat sederhana yaitu :
  1. Kemauan
  2. Tekad yang kuat
  3. Banyak membaca
  4. Mau untuk terus belajar
  5. Tidak mudah menyerah
  6. Rajin
  7. Buang rasa malas
  8. Jangan hanya lihat teman yang kerjanya santai-santai saja
  9. Amati, Tiru, Modifikasi (ini adalah cara paling gampang membuat skripsi)
  10. Berdoa
Semoga dengan cara mengatasi skripsi versi saya ini bisa membantu kalian yang sedang sibuk mengurus skripsi. Intinya cuma satu jangan sampai malas. Semoga sukses untuk yang sedang mengerjakan skripsi.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.